Al Marhum Al Maghfurlah Al Habib Al Qutub Abubakar bin Muhammad Assegaf
![]() |
Al
Habib Al Qutub Abubakar bin Muhammad Assegaf lahir di kota Besuki, Jawa
Timur, pada tahun 1285 H. Semenjak kecil beliau sudah ditinggal oleh
ayahnya yang wafat di kota Gresik. Pada tahun 1293 H, Habib Abubakar
kemudian berangkat ke Hadramaut karena memenuhi permintaan nenek beliau,
Syaikhah Fatimah binti Abdullah ‘Allan.
Beliau berangkat kesana ditemani dengan
Al-Mukarram Muhammad Bazmul. Sesampainya disana, beliau disambut oleh
paman, sekaligus juga gurunya, yaitu Abdullah bin Umar Assegaf, beserta
keluarganya. Kemudian beliau tinggal di kediaman Al-Arif Billah Al-Habib
Syeikh bin Umar bin Saggaf Assegaf.
Di kota Seiwun beliau belajar ilmu figih
dan tasawuf kepada pamannya Al-Habib Abdullah bin Umar Assegaf. Hiduplah
beliau dibawah bimbingan gurunya itu. Bahkan beliau dibiasakan oleh
gurunya untuk bangun malam dan shalat tahajud meskipun usia beliau masih
kecil. Selain berguru kepada pamannya, beliau juga mengambil ilmu dari
para ulama besar yang ada disana. Diantara guru-guru beliau disana
antara lain :
Al-Habib Al-Qutub Ali bin Muhammad Alhabsyi
Al-Habib Muhammad bin Ali Assegaf
Al-Habib Idrus bin Umar Alhabsyi
Al-Habib Ahmad bin Hasan Alatas
Al-Habib Al-Imam Abdurrahman bin Muhammad Almasyhur (Mufti Hadramaut saat itu).
Al-Habib Syeikh bin Idrus Alaydrus
Al-Habib Al-Qutub Ali bin Muhamad
Alhabsyi sungguh telah melihat tanda-tanda kebesaran dalam diri Habib
Abubakar dan akan menjadi seorang yang mempunyai kedudukan yang tinggi.
Al-Habib Ali Alhabsyi berkata kepada seorang muridnya, “Lihatlah mereka
itu, 3 wali min auliyaillah, nama mereka sama, keadaan mereka sama, dan
kedudukan mereka sama. Yang pertama, sudah berada di alam barzakh, yaitu
Al-Habib Al-Qutub Abubakar bin Abdullah Alaydrus. Yang kedua, engkau
sudah pernah melihatnya pada saat engkau masih kecil, yaitu Al-Habib
Al-Qutub Abubakar bin Abdullah Alatas. Dan yang ketiga, engkau akan
melihatnya di akhir umurmu”.
Ketika usia murid tersebut sudah menginjak usia senja, ia bermimpi melihat Nabi SAW 5 kali dalam waktu 5 malam berturut-turut. Dalam mimpinya itu, Nabi SAW berkata kepadanya, “(terdapat kebenaran) bagi yang melihatku di setiap kali melihat. Kami telah hadapkan kepadamu cucu yang sholeh, yaitu Abubakar bin Muhammad Assegaf. Perhatikanlah ia”.
Ketika usia murid tersebut sudah menginjak usia senja, ia bermimpi melihat Nabi SAW 5 kali dalam waktu 5 malam berturut-turut. Dalam mimpinya itu, Nabi SAW berkata kepadanya, “(terdapat kebenaran) bagi yang melihatku di setiap kali melihat. Kami telah hadapkan kepadamu cucu yang sholeh, yaitu Abubakar bin Muhammad Assegaf. Perhatikanlah ia”.
Murid tersebut sebelumnya belum pernah
melihat Habib Abubakar, kecuali di mimpinya itu. Setelah itu ingatlah ia
dengan perkataan gurunya, Al-Habib Ali Alhabsyi, “Lihatlah mereka itu, 3
wali min auliyaillah…”. Tidak lama setelah kejadian mimpinya itu, ia
pun meninggal dunia, persis sebagaimana yang diisyaratkan oleh Al-Habib
Ali bahwa ia akan melihat Habib Abubakar di akhir umurnya.
Setelah menuntut ilmu disana, pada tahun
1302 H beliau pun akhirnya kembali ke pulau Jawa bersama Habib Alwi bin
Saggaf Assegaf, dan menuju kota Besuki. Disinilah beliau mulai
mensyiarkan dakwah Islamiyyah di kalangan masyarakat. Kemudian pada
tahun 1305 H, disaat usia beliau masih 20 tahun, beliau pindah menuju
kota Gresik.
Di pulau Jawa, beliaupun masih aktif mengambil ilmu dan manfaat dari ulama-ulama yang ada disana saat itu, diantaranya yaitu :
Al-Habib Abdullah bin Muhsin Alatas (Bogor)
Al-Habib Abdullah bin Ali Alhaddad (wafat di Jombang)
Al-Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Alatas (Pekalongan)
Al-Habib Al-Qutub Abubakar bin Umar Bin Yahya (Surabaya)
Al-Habib Muhammad bin Idrus Alhabsyi (Surabaya)
Al-Habib Muhammad bin Ahmad Almuhdhor (wafat di Surabaya)
Pada suatu hari disaat menunaikan shalat
Jum’at, datanglah ilhaamat rabbaniyyah kepada diri beliau untuk ber-
uzlah dan mengasingkan diri dari keramaian duniawi dan godaannya,
menghadap kebesaran Ilahiah, ber-tawajjuh kepada Sang Pencipta Alam, dan
menyebut keagungan nama-Nya di dalam keheningan. Hal tersebut beliau
lakukan dengan penuh kesabaran dan ketabahan.
Waktu pun berjalan demi waktu, sehingga
tak terasa sudah sampai 15 tahun lamanya. Beliau pun akhirnya
mendapatkan ijin untuk keluar dari uzlahnya, melalui isyarat dari guru
beliau, yaitu Al-Habib Muhammad bin Idrus Alhabsyi. Berkata Al-Habib
Muhammad bin Idrus Alhabsyi, “Kami memohon dan ber-tawajjuh kepada Allah
selama 3 malam berturut-turut untuk mengeluarkan Abubakar bin Muhammad
Assegaf dari uzlahnya”. Setelah keluar dari uzlahnya, beliau ditemani
dengan Al-Habib Muhammad bin Idrus Alhabsyi berziarah kepada Al-Imam
Al-Habib Alwi bin Muhammad Hasyim Assegaf.
Sehabis ziarah, beliau dengan gurunya itu
langsung menuju ke kota Surabaya dan singgah di kediaman Al-Habib
Abdullah bin Umar Assegaf. Masyarakat Surabaya pun berbondong-bondong
menyambut kedatangan beliau di rumah tersebut. Tak lama kemudian,
Al-Habib Muhammad bin Idrus Alhabsyi berkata kepada khalayak yang ada
disana seraya menunjuk kepada Habib Abubakar, “Beliau adalah suatu
khazanah daripada khazanah keluarga Ba’alawi. Kami membukakannya untuk
kemanfaatan manusia, baik yang khusus maupun yang umum”.
Semenjak itu Habib Abubakar mulai membuka
majlis taklim dan dzikir di kediamannya di kota Gresik. Masyarakat pun
menyambut dakwah beliau dengan begitu antusias. Dakwah beliau tersebar
luas…dakwah yang penuh ilmu dan ikhlas, semata-mata mencari ridhallah.
Dalam majlisnya, beliau setidaknya telah mengkhatamkan kitab Ihya
Ulumiddin sebanyak 40 kali. Dan merupakan kebiasaan beliau, setiap kali
dikhatamkannya pembacaan kitab tersebut, beliau mengundang jamuan kepada
masyarakat luas.
Beliau adalah seorang yang ghirahnya
begitu tinggi dalam mengikuti jalan, atribut dan akhlak keluarga dan
Salafnya Saadah Bani Alawi. Majlis beliau senantiasa penuh dengan
mudzakarah dan irsyad menuju jalan para pendahulunya. Majlis beliau tak
pernah kosong dari pembacaan kitab-kitab mereka. Inilah perhatian beliau
untuk tetap menjaga thoriqah salafnya dan berusaha berjalan diatas…
qadaman ala qadamin bi jiddin auza’i.
Itulah yang beliau lakukan semasa
hayatnya, mengajak manusia kepada kebesaran Ilahi. Waktu demi waktu
berganti, sampai kepada suatu waktu dimana Allah memanggilnya. Disaat
terakhir dari akhir hayatnya, beliau melakukan puasa selama 15 hari, dan
setelah itu beliau pun menghadap ke haribaan Ilahi. Beliau wafat pada
tahun 1376 H pada usia 91 tahun. Jasad beliau disemayamkan di sebelah
masjid Jami, Gresik.
Walaupun beliau sudah berpulang ke
rahmatillah, kalam-kalam beliau masih terdengar dan membekas di hati
para pendengarnya. Akhlak-akhlak beliau masih menggoreskan kesan
mendalam di mata orang-orang yang melihatnya. Hal-ihwal beliau masih
mengukir keindahan iman di kehidupan para pecintanya.
Radhiyallahu anhu wa ardhah…
——————————————————————————————-
Sebuah perjalanan religius seorang kekasih Allah hingga maqom Shiddiqiyyah Kubro
Beliau adalah Al-Imam al-Quthbul Fard
al-Habib Abu Bakar bin Muhammad bin Umar bin Abu Bakar bin Al-Habib Umar
bin Segaf as-Segaf (seorang imam di lembah Al-Ahqof). Garis keturunan
beliau yang suci ini terus bersambung kepada ulama dari sesamanya hingga
bermuara kepada pemuka orang-orang terdahulu, sekarang dan yang akan
datang, seorang kekasih nan mulia Nabi Muhammad S.A.W. Beliau terlahir
di kampung Besuki (salah satu wilayah di kawasan Jawa Timur) tahun 1285
H. Ayahanda beliau ra. wafat di kota Gresik, sementara beliau masih
berumur kanak-kanak.
Sungguh al-Habib Abu Bakar bin Muhammad
as-Segaf tumbuh besar dalam asuhan dan penjagaan yang sempurna. Cahaya
kebaikan dan kewalian telah tampak dan terpancar dari kerut-kerut
wajahnya, sampai-sampai beliau R.a di usianya ke-3 tahun mampu mengingat
kembali peristiwa-peristiwa yang pernah terjadi pada dirinya. Semua itu
tak lain karena power (kekuatan) dan kejernihan rohani beliau, serta
kesiapannya untuk menerima curahan anugerah dan Fath (pembuka tabir
hati) darinya.
Pada tahun 1293 H, atas permintaan nenek
beliau yang sholehah Fatimah binti Abdullah (Ibunda ayah beliau), beliau
merantau ditemani oleh al-Mukaram Muhammad Bazamul ke Hadramaut
meninggalkan tanah kelahirannya Jawa. Di kala al-Habib Abu Bakar bin
Muhammad as-Segaf akan sampai di kota Sewun, beliau di sambut di
perbatasan kota oleh paman sekaligus guru beliau al-Allamah Abdullah bin
Umar berikut para kerabat. Dan yang pertama kali dilantunkan oleh sang
paman bait qosidah al-Habib al-Arifbillah Syeh bin Umar bin Segaf
seorang yang paling alim di kala itu dan menjadi kebanggaan pada
jamannya. Dan ketika telah sampai beliau dicium dan dipeluk oleh
pamannya. Tak elak menahan kegembiraan atas kedatangan sang keponakan
dan melihat raut wajahnya yang memancarkan cahaya kewalian dan kebaikan
berderailah air mata kebahagiaan sang paman membasahi pipinya.
Hati para kaum arifin memiliki ketajaman pandang
Mampu melihat apa yang tak kuasa dilihat oleh pemandang.
Mampu melihat apa yang tak kuasa dilihat oleh pemandang.
Sungguh perhatian dan didikan sang paman
telah membuahkan hasil yang baik pada diri sang keponakan. Beliau
belajar kepada sang paman al-Habib Abdullah bin Umar ilmu fiqh dan
tasawuf, sang paman pun suka membangunkannya pada akhir malam ketika
beliau masih berusia kanak-kanak guna menunaikan shalat tahajjud
bersama-sama, al-Habib Abu Bakar bin Muhammad Assegaf mempunyai hubungan
yang sangat kuat dalam menimba ilmu dari para ulama dan pemuka kota
Hadramaut. Sungguh mereka (para ulama) telah mencurahkan perhatiannya
pada al-Habib Abu Bakar bin Muhammad Assegaf. Maka beliau ra. Banyak
menerima dan memparoleh ijazah dari mereka. Diantara para ulama
terkemuka Hadramaut yang mencurahkan perhatiannya kepada beliau, adalah
al-Imam al-Arifbillah al-Habib Ali bin Muhammad al-Habsyi, (seorang guru
yang sepenuhnya mencurahkan perhatiannya kepada al-Habib Abu Bakar bin
Muhammad Assegaf).
Sungguh Habib Ali telah menaruh
perhatiannya kepada al-Habib Abu Bakar bin Muhammad Assegaf semenjak
beliau masih berdomisili di Jawa sebelum meninggalkannya menuju
Hadramaut.
Al-Habib Ali bin Muhammad al-Habsyi
berkata kepada salah seorang murid seniornya “Perhatikanlah! Mereka
bertiga adalah para wali, nama, haliyah, dan maqom (kedudukan) mereka
sama. Yang pertama adalah penuntunku nanti di alam barzakh, beliau
adalah Quthbul Mala al-Habib Abu Bakar bin Abdullah al-Aidrus, yang
kedua, aku melihatnya ketika engkau masih kecil beliau adalah al-Habib
al-Ghoust Abu Bakar bin Abdullah al-Atthos, dan yang ketiga engkau akan
melihat sendiri nanti di akhir dari umurmu”.
Maka tatkala memasuki tahun terakhir dari
umurnya, ia bermimpi melihat Rosulullah SAW sebanyak lima kali
berturut-turut selama lima malam, sementara setiap kali dalam mimpi
Beliau SAW mengatakan kepadanya (orang yang bermimpi) ” Lihatlah di
sampingmu, ada cucuku yang sholeh Abu Bakar bin Muhammad Assegaf”!
Sebelumnya orang yang bermimpi tersebut tidak mengenal al-Habib Abu
Bakar Assegaf kecuali setelah dikenalkan oleh Baginda Rosul al-Musthofa
SAW didalam mimpinya. Lantas ia teringat akan ucapan al-Habib Ali bin
Muhammad al-Habsyi dimana beliau pernah berkata “Mereka bertiga adalah
para wali, nama dan kedudukan mereka sama”. Setelah itu ia (orang yang
bermimpi) menceritakan mimpinya kepada al-Habib Abu Bakar bin Muhammad
Assegaf dan tidak lama kemudian ia meninggal dunia.
Habib Abu Bakar bin Muhammad Assegaf
mendapat perhatian khusus dan pengawasan yang istimewa dari gurunya al
Habib Ali bin Muhammad al-Habsyi sampai-sampai Habib Ali sendiri yang
meminangkan beliu dan sekaligus menikahkannya. Selanjutnya (diantara
para masyayikhnya) adalah al Allamah al Habib Abdullah bin Umar Assegaf
sebagai syaikhut tarbiyah, al Imam al Quthb al Habib Muhammad bin Idrus
al-Habsyi sebagai syaikhut taslik, juga al Mukasyif al Habib Abdul Qadir
bin Ahmad bin Quthban sebagai syaikhul fath. Guru yang terakhir ini
sering memberi berita gembira kepada beliau “Engkau adalah pewaris
haliyah kakekmu al Habib Umar bin Segaf”. Sekian banyak para ulama para
wali dan para kaum sholihin Hadramaut baik itu yang berasal dari Sewun,
Tarim dan lain-lain yang menjadi guru al Habib Abu Bakar bin Muhammad
Assegaf, seperti al Habib Muhammad bin Ali Assegaf, al Habib Idrus bin
Umar al-Habsyi, al Habib Ahmad bin Hasan al-Atthas, al Habib Abdurrahman
al-Masyhur, juga putera beliau al Habib Ali bin Abdurrahman al-Masyhur,
dan juga al Habib Syekh bin Idrus al-Idrus dan masih banyak lagi guru
beliau yang lainnya.
Pada tahun 1302 H, ditemani oleh al Habib
Alwi bin Segaf Assegaf al Habib Abu Bakar Assegaf pulang ketanah
kelahirannya (Jawa) tepatnya di kampung Besuki. Selanjutnya pada tahun
1305 H, ketika itu beliau berumur 20 tahun beliau pindah ke kota Gresik
sambil terus menimba ilmu dan meminta ijazah dari para ulama yang
menjadi sinar penerang negeri pertiwi Indonesia, sebut saja al Habib
Abdullah bin Muhsin al-Atthas, al Habib Abdullah bin Ali al-Haddad, al
Habib Ahmad bin Abdullah al-Atthas, al Habib Abu Bakar bin Umar bin
Yahya, al Habib Muhammad bin Idrus al-Habsyi,al Habib Muhammad bin Ahmad
al-Muhdlar, dan lain sebagainya.
Kemudian pada tahun 1321 H, tepatnya pada
hari jum’at ketika sang khatib berdiri diatas mimbar beliau r.a
mendapat ilham dari Allah SWT bergeming dalam hatinya untuk mengasingkan
diri dari manusia semuanya. Terbukalah hati beliau untuk melakukannya,
seketika setelah bergeming beliau keluar dari masjid jami’ menuju rumah
kediamannya. Beliau al Habib Abu Bakar bin Muhammad Assegaf ber-uzlah
atau khalwat (mengasingkan diri) dari manusia selama lima belas tahun
bersimpuh dihadapan Ilahi Rabbi. Dan tatkala tiba saat Allah mengizinkan
beliau untuk keluar dari khalwatnya, guru beliau al Habib Muhammad bin
Idrus al-Habsyi mendatanginya dan memberi isyarat kepada beliau untuk
mengakhiri masa khalwatnya, al Habib Muhammad al-Habsyi berkata “selama
tiga hari kami bertawajjuh dan memohon kepada Allah agar Abu Bakar bin
Muhammad Assegaf keluar dari khalwatnya”, lantas beliau menggandeng al
Habib Abu Bakar Assegaf dan mengeluarkannya dari khalwatnya. Kemudian
masih ditemani al Habib Muhammad al-Habsyi beliau r.a menziarahi al
Habib Alawi bin Muhammad Hasyim, sehabis itu meluncur ke kota Surabaya
menuju ke kediaman al Habib Abdullah bin Umar Assegaf. Sambil menunjuk
kepada al Habib Abu Bakar bin Muhammad Assegaf al Habib Muhammad bin
Idrus al-Habsyi memproklamirkan kepada para hadirin “Ini al Habib Abu
Bakar bin Muhammad Assegaf termasuk murtiara berharga dari simpanan
keluarga Ba ‘Alawi, kami membukanya agar bisa menularkan manfaat bagi
seluruh manusia”.
Setelah itu beliau membuka majlis ta’lim
dirumahnya, beliau menjadi pengayom bagi mereka yang berziarah juga
sebagai sentral (tempat rujukan) bagi semua golongan diseluruh penjuru,
siapa pun yang mempunyai maksud kepada beliau dengan dasar husnudz dzan
niscaya ia akan meraih keinginannya dalam waktu yang relatif singkat. Di
rumah beliau sendiri, al Habib Abu Bakar bin Muhammad Assegaf telah
menghatamkan kitab Ihya’ Ulumuddin lebih dari 40 kali. Pada setiap kali
hatam beliau selalu menghidangkan jamuan yang istimewa. al Habib Abu
Bakar Assegaf betul-betul memiliki ghirah (antusias) yang besar dalam
menapaki aktivitas dan akhlaq para aslaf (pendahulunya), terbukti dengan
dibacanya dalam majlis beliau sejarah dan kitab-kitab buah karya para
aslafnya.
Adapun maqom (kedudukan) al Habib Abu
Bakar bin Muhammad Assegaf, beliau telah mencapai tingkat Shiddiqiyah
Kubro. Hal itu telah diakui dan mendapat legitimasi dari mereka yang
hidup sezaman dengan beliau. Berikut ini beberapa komentar dari mereka.
al Imam al Habib Muhammad bin Ahmad al-Muhdhar berkata,
“Demi fajar dan malam yang sepuluh dan yang genap dan yang ganjil. Sungguh al Akh Abu Bakar bin Muhammad Assegaf adalah mutiara keluarga Segaf yang terus menggelinding (maqomnya) bahkan membumbung tinggi menyusul maqom-maqom para aslafnya”.
“Demi fajar dan malam yang sepuluh dan yang genap dan yang ganjil. Sungguh al Akh Abu Bakar bin Muhammad Assegaf adalah mutiara keluarga Segaf yang terus menggelinding (maqomnya) bahkan membumbung tinggi menyusul maqom-maqom para aslafnya”.
Al Habib Alwi bin Muhammad al-Haddad berkata,
“Sesungguhnya al Habib Abu Bakar bin Muhammad Assegaf adalah seorang Quthb al Ghaust juga sebagai tempat turunnya pandangan (rahmat) Allah SWT”.
“Sesungguhnya al Habib Abu Bakar bin Muhammad Assegaf adalah seorang Quthb al Ghaust juga sebagai tempat turunnya pandangan (rahmat) Allah SWT”.
Al Arif billah al Habib Ali bin
Abdurrahman al-Habsyi pernah berkata di rumah al Habib Abu Bakar Assegaf
dikala beliau membubuhkan tali ukhuwah antara beliau dengan al Habib
Abu Bakar Assegaf, pertemuan yang diwarnai dengan derai air mata. Habib
Ali berkata kepada para hadirin ketika itu,
“Lihatlah kepada saudaraku fillah Habib Abu Bakar bin Muhammad Assegaf. Lihatlah ia..! Maka melihat kepadanya termasuk ibadah”
Al Habib Husein bin Muhammad al-Haddad berkata,
“Sesungguhnya al Habib Abu Bakar bin Muhammad Assegaf adalah seorang khalifah. Beliau adalah penguasa saat ini, belia telah berada pada Maqom as Syuhud yang mampu menyaksikan (mengetahui) hakekat dari segala sesuatu. Beliau berhak untuk dikatakan “Dia hanyalah seorang hamba yang kami berikan kepadanya (sebagai nikmat)”.
“Sesungguhnya al Habib Abu Bakar bin Muhammad Assegaf adalah seorang khalifah. Beliau adalah penguasa saat ini, belia telah berada pada Maqom as Syuhud yang mampu menyaksikan (mengetahui) hakekat dari segala sesuatu. Beliau berhak untuk dikatakan “Dia hanyalah seorang hamba yang kami berikan kepadanya (sebagai nikmat)”.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar